Pengertian Metode, Metodologi, Pembelajaran, dan Metodologi Pembelajaran
MAKALAH
“PENGERTIAN
METODE, METODOLOGI, PEMBELAJARAN, DAN METODOLOGI PEMBELAJARAN PAI
Dosen Pengampu : Drs. H. M. Ilyas ,
M.A.

Di Susun Oleh :
Nama : Siska Ajima
Nirm : 1209.13.06998
Jurusan : PAI
Semester : V
Lokal : D
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
AULIAURRASYIDIN
TEMBILAHAN
PENGERTIAN METODE, METODOLOGI,
PEMBELAJARAN, DAN METODOLOGI PEMBELAJARAN PAI
A.
Pengertian Metode dan Metodologi
Metode atau metoda berasal dari bahasa Yunani, yaitu
Metha dan hodos. Metha berarti
melalui atau melewati dan hodos
berarti jalan atau cara. Metode berarti jalan atau cara yang harus di lalui
untuk mencapai tujuan tertentu.
![]() |
Bukhari Umar, Ilmu
Pendidikan Islam, Amzah : Jakarta, 2011, Hal 180
Sedangkan dalam bahasa
inggris ada kata way dan ada kata method. Dua kata ini sering di
terjemahkan cara dalam bahasa Indonesia. Sebenarnya yang lebih layak
diterjemahkan cara adalah kata way
itu, bukan kata method. Karena metode
adalah istilah yang digunakan untuk mengungkapkan pengertian “cara yang paling tepat (efektif) dan cepat (efisien)” dalam melakukan sesuatu. Jadi, metode pembelajaran
agama Islam adalah cara yang paling efektif dan efisen dalam mengajarkan agama
Islam. Pengajaran yang efektif artinya pengajaran yang dapat di pahami murid
secara sempurna.
![]() |
Ahmad Tafsir, Metodologi Pengajaran
Agama Islam, Remaja Rosdakarya:Bandung 2008, Hal 9
Dalam kamus besar bahasa Indonesia, metodologi berarti ilmu tentang metode
atau uraian tentang metode. Menurut M. Arifin, Metodologi berasal dari dua kata
yaitu metode dan logi. Adapun metode berasal dari dua kata yaitu meta (melalui) dan hodos (jalan atau cara), dan logi yang berasal dari bahasa Greek
(Yunani) yaitu logos (akal atau
ilmu), maka metodologi adalah ilmu pengetahuan tentang jalan atau cara yang
harus di lalui untuk mencapai suatu tujuan. Dengan demikian, metodologi
pendidikan adalah sesuatu ilmu pengetahuan tentang metode yang dipergunakan
dalam pekerjaan mendidik.

M. Arifin, Ilmu
Pendidikan Islam, Bumi Aksara : Jakarta,
1996, Hal 61
Menurut saya :
Metode adalah jalan
atau cara yang harus di lalui untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan metodologi adalah
sesuatu ilmu pengetahuan tentang metode yang dipergunakan dalam pekerjaan
mendidik.
B.
Pengertian Pembelajaran
Sebelum kita membahas pengertian pembelajaran, maka
sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari belajar dan mengajar
karna kedua hal tersebut sangat erat kaitannya dengan pembelajaran. Pengertian
belajar menurut Nana Sudjana adalah suatu proses yang di tandai dengan adanya
perubahan pada diri seseorang. Sedangkan mengajar menurut Nana Sudjana adalah
membimbing kegiatan belajar siswa, mengatur dan mengkoordinasi lingkungan yang
di sekitar siswa sehingga dapat mendorong dan menumbuhkan siswa melakukan
kegiatan belajar. Mengajar menurut Zakiah Drajat,dkk adalah suatu teknik
penyampaian bahan pelajaran kepada murid.
Dengan demikian, Pembelajaran adalaha proses interaksi
peserta didik dan pendidik dan sumber belajar dengan suatu lingkungan belajar.
Pembelajaran merupakan bantuan yang di berikan pendidik agar terjadi proses
pemerolehan ilmu, pengetahuan, penguasaan, kemahiran, dan tabiat serta
pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik.

[PDF],
BAB%201%CIV.pdf (secured), (di download pada senin jam 16.40 )
Menurut saya :
Dari Penjelasan di atas tersebut dapat di ambil
kesimpulan bahwa pembelajaran adalah suatu proses sistematis yang terarah untuk
memberikan pengetahuan kepada anak didik agar terjadi perubahan pada anak didik
tersebut.
C.
Pengertian Metodologi Pembelajaran PAI
Omar Mohmmad
Al-Toumy Al-Syaibany yang menyatakan bahwa : “metode mengajar bermakna segala
segi kegiatan yang terarah yang dikerjakan oleh guru dalam rangka
kemestian-kemestian mata pelajaran yang diajarkan, ciri-ciri perkembangan
murid-muridnya, dan suasana alam sekitarnya dan tujuan menolong murid-muridnya
untuk mencapai proses belajar yang diinginkan dan perubahan yang dikehendaki
pada tingkah laku mereka. Selanjutnya menolong mereka memperoleh maklumat,
pengetahuan, keterampilan, kebiasaan, sikap, minat dan nilai-nilai yang
diinginkan.
Pendapat di
atas diperkuat dengan fiman Allah dalam surah An-Nahl : 125, yang artinya
sebagai berikut :
“Serulah (Manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan
bijaksana dan nasehat yang baik, serta berbantahlah
mereka dengan cara yang baik” (QS.An-Nahl : 125).
Dengan
demikian, metodologi pembelajaran tidak hanya membahas metode semata, tapi
kajiannya lebih luas yaitu mengaitkan cara mengunakan metode dengan bahan yang
diajarkan, peserta didik dan guru bahkan lingkungan.
Pada Pasal 1 butir 20 UU Nomor 20
tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yakni “Pembelajaran adalah
proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu
lingkungan belajar”. Dengan demikian, dapat dikemukakan bahwa
pembelajaran adalah serangkaian kegiatan atau situasi yang sengaja dirancang
agar interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar dapat melakukan aktifitas belajar.
Dari beberapa pengertian tersebut,
dapat dikemukankan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memahami
metodologi pembelajaran, yaitu sebagai berikut :
a. Metodologi
pembelajaran adalah sebuah ilmu dalam mengembangkan cara yang dilalui dalam
proses pembelajaran yang berupa prinsip-prinsip umum dalam mengajar dan belajar
(didaktik umum).
b. Metodologi
pembelajaran adalah sebuah ilmu yang membahas cara yang paling cepat (efektif)
dan cepat (efisian) yang dapat digunakan guru dalam menyajikan materi dalam
kegiatan proses pembelajaran dikelas (Didaktik khusus).

https://irmaalhanaah.wordpress.com/2014/11/03/metodologi-pembelajaran-pendidikan-agama-islam-jenis-jenis-metode-pembelajaran-pendidikan-agama-islam/
, (di ambil pada hari senin jam 16.45 )
Menurut saya :
Metodologi
pembelajaran PAI adalah sebuah ilmu atau kemampun yang di miliki pendidik
tentang bagaimana metode atau cara dalam proses pemberian pengetahuan kepada
anak sehingga terjadi perubahan pada anak didik itu sendiri berdasar pada
pendidikan Islam sehingga tercapai tujuan pendidikan seperti yang di harapkan.
DAFTAR PUSTAKA
M. Arifin , 1996
, Ilmu
Pendidikan Islam, Jakarta , Bumi
Aksara.
Tafsir Ahmad , 2008 , Metodologi
Pengajaran Agama Islam, Bandung ,.Remaja
Rosdakarya.
Umar Bukhari ,
2011 , Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta , Amzah.
https://irmaalhanaah.wordpress.com/2014/11/03/metodologi-pembelajaran-pendidikan-agama-islam-jenis-jenis-metode-pembelajaran-pendidikan-agama-islam/ , (di
ambil pada hari senin jam 16.45 ).
[PDF],
BAB%201%CIV.pdf (secured), (di download pada senin jam 16.40 ).
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda