Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menghayati dan mengamalkanajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran,damai), santun,
responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradapan terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat,dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
3.1. Memahami aturan Islam tentang kepemilikan
Indikator
3.1.1.
Menjelaskan aturan Islam tentang kepemilikan
3.1.2.
Mengkategorikan aturan Islam tentang kepemilikan
3.1.3.
Menyebutkan contoh aturan Islam tentang kepemilikan
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui proses pengamatan,
bertanya, mengumpulkan informasi, bernalar, diskusi, serta mengasosiasi peserta
didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian dan dasar
hukum kepemilikan
2. Menjelaskan macam-macam kepemilikan
3. Menjelaskan sebab-sebab kepemilikan
4. Menunjukkan hikmah kepemilikan
D.
Materi
Pembelajaran
a.
Pengertian
dan dasar hukum kepemilikan
b.
Macam-macam
kepemilikan
c.
Sebab-sebab
kepemilikan
d.
Hikmah
kepemilikan
E.
Alat/Media/Sumber
Materi Pembelajaran
1. Buku
sumber fiqih MAN kelas X
2. Leptop
3. Modem
4. LCD
5. White
Board
F.
Model/Metode
Pembelajaran
Pendekatan
pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific)
dengan model pembelajaran STAD(Saintifik, Trik,
Art, Demokrasi)
G.
Analisis Masalah
Apa
yang harus di ketahui siswa (pengetahuan)
|
Apa
yang harus di biasakan siswa (sikap)
|
Apa
yang harus di peragakan siswa
(keterampilan)
|
|
produk
|
Kinerja
|
||
Pengertian dan dasar hukum
kepemilikan, macam-macam kepemilikan, sebab-sebab kepemilikan, dan hikmah
kepemilikan.
|
-
|
-
|
-
|
Aspek
|
Materi
|
Kognitif
|
Pengertian dan dasar hukum
kepemilikan
|
Macam
– macam kepemilikan
|
|
Sebab
– sebab Kepemilikan
|
|
Hikmah
kepemilikan
|
I. Deskripsi
Materi
a. Pengertian dan dasar hukum kepemilikan
Kepemilikan atau dalam
terminologi fiqih di sebut dengan milikiyah, berasal dari kata milk, yang
menurut bahasa berarti memiliki atau mempunyai. Sedangkan menurut istilah
syara’ kepemilikan adalah hak hukum seseorang atas sesuatu untuk menguasai dan
memperlakukan sesuatu itu sekehendaknya sehingga terdapat hukum yang melarangnya.
Dasar hukum kepemilikan terdapat dalam Q.S. Annur : 61.
b.
Macam – macam
kepemilikan
1.
Al milkut tammu
atau kepemilikan sempurna merupakan kepemilikan seseorang secara penuh, tidak
ada seseorang yang secara penuh memiliki barang tersebut secara hukum.
2.
Al – milku gairut
tammi atau kepemilikan tidak sempurna merupakan kepemilikan secara tidak penuh
atas sesutu karena pada saat yang sama sesuatu itu juga dimiliki oleh orang
lain. Misalnya barang gadaian dan sewaan.
c.
Sebab – sebab
kepemilikan
1.
Kepemilikan yang
sempurna di sebabkan oleh:
·
Hasil karya atau
bekerja
·
Jual beli
·
Sedekah
·
Hibah
·
Hadiah
·
Infaq
·
Waqaf
·
Warisan yang
telah dibagikan
·
Penemuan
·
Rampasan perang
·
Hasil membuka
hutan
2.
Kepemilikan yang
tidak sempurna disebabkan oleh
·
Hutang piutang
·
Syirkah
·
Qirad
·
Hiwalah
·
Rihanah
·
Ariyah
·
Wadiah
·
Muzaraah,
Musaqah dan Mukhabarah.
d.
Hikmah
Kepemilikan
1.
Terciptanya
bangunan hukum yang baik, karena banyak hukum islam yang terbangun di atas
hukum kepemilikan ini, seperti zakat, jual beli, dll.
2.
Terhindar dari
hukum rimba.
3.
Motivasi untuk
giat bekerja.
4.
Membuat manusia
berlomba – lomba mencari nafkah yang
halal.
J.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Pra Pembelajaran
1. Siswa memberi
salam
2. Guru
mengkondisikan kelas dalam suasana kondusif untuk berlangsungnya
pembelajaran.
Guru
memberikan motivasi tentang pentingnya memahami materi tentang aturan Islam
dalam kepemilikan.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati:
· Siswa
diinstruksikan untuk mengamati
gambar-gambar dan struktur yang berkaitan dengan materi.
Menanya:
· Guru
mendorong siswa untuk bertanya hal-hal yang terkait dengan gambar yang di
tayangkan yaitu yang berkaitan dengan aturan islam dalam kepemilikan
· Guru
kembali menegaskan topik pembelajaran yang akan di bahas
· Guru
menjelaskan model pembelajaran yang akan di laksanakan yaitu dengan model STAD.
Mengeksplorasikan:
· Guru
memberikan urain singkat tentang aturan islam dalam kepemilikan
· Guru membagi
siswa ke dalam 4 kelompok kecil yang
beranggotaan 4-5 orang atau lebih,
dimana masing-masing kelompok dipilih secara heterogen berdasarkan kemampuan
akademis.
· Masing-masing
kelompok diinstruksikan untuk mengumpulkan informasi dan identifikasi terkait
dengan materi diskusi yang diberikan melalui bacaan, internet, pengamatan
terhadap sumber-sumber sejarah yang
ada di perpusatakaan atau yang ada di
lingkungan terdekat.
Menalar:
· Siswa
melakukan, menganalisis informasi dan
data-data yang didapat baik dari
bacaan maupun dari sumber-sumber terkait untuk mendapatkan kesimpulan tentang materi yang di diskusikan
· Guru
membimbing siswa dalam mengumpulkan informasi yang efektif dan efisien
tentang materi yang didiskusikan
Mengomunikasikan:
·
Siswa
dari masing-masing kelompokmenyajikan hasil diskusinya, dan ditanggapi serta
dinilai oleh kelompok lain baik dari aspek pengetahuan, sosial maupun
keterampilannya.
·
Guru
memberikan masukan-masukan setelah masing-masing kelompok melakukan
presentasi baik dari aspek pengetahuan, sosial maupun keterampilannya.
|
65
menit
|
Penutup
|
· Guru
memfasilitasi peserta didik untuk menyimpulkan materi yang telah didiskusikan
· Guru
memberikan lembar soal dalam bentuk uraian dan pilihan ganda sebagai evaluasi
|
15
menit
|
K.
Penilaian
Hasil Belajar
1.
Teknik Instrumen: tes dan nontes
2.
Bentuk Instrumen:
a. Tes
(Uraian dan Pilihan Ganda)
b.
Non Tes (Pengamatan
diskusi kelompok dan presentasi)
L.
Instrumen
Penilaian Hasil Belajar
Penilaian
Sikap
No.
|
Nama
|
Spiritual
|
Sikap Sosial
|
Skor Total
|
|||
Syukur
|
Jujur
|
Kerjasama
|
Harga Diri
|
||||
1-4
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
Ket.
a. Sikap Spiritual
Indikator sikap spiritual “mensyukuri”:
a. Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran.
b. Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai
agama yang dianut.
c. Saling menghormati, toleransi.
d. Memelihara hubungan baik dengan sesama teman.
Rubrik pemberian skor:
- 4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan
tersebut.
- 3 = jika siswa melakukan 3 (empat) kegiatan
tersebut
- 2 = jika siswa melakukan 2 (empat) kegiatan
tersebut
- 1 = jika siswa
melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebu
b. Sikap Sosial.
1). Sikap jujur
Indikator
sikap sosial “jujur”
- Tidak bohong
-
Mengembalikan kepada yang berhak bila menemukan sesuatu.
- Tidak nyontek, tidak
plagiarisme
- Terus terang
Rubrik pemberian skor
- 4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan
tersebut.
- 3 = jika siswa melakukan 3 (empat) kegiatan
tersebut
- 2 = jika siswa melakukan 2 (empat) kegiatan
tersebut
- 1 = jika siswa
melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut
2). Sikap kerja sama
Indikator sikap sosial
“kerja sama”
- Peduli kepada sesama
- Saling membantu dalam hal kebaikan
- Saling menghargai/ toleran
- Ramah dengan sesama
Rubrik pemberian skor
- 4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan
tersebut.
- 3 = jika siswa melakukan 3 (empat) kegiatan
tersebut
- 2 = jika siswa melakukan 2 (empat) kegiatan
tersebut
- 1 = jika siswa
melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut
3). Harga diri
Indikator
sikap sosial “harga diri”
- Tidak suka dengan
dominasi asing
- Bersikap sopan untuk
menegur bagi mereka yang mengejek
- Cinta produk negeri
sendiri
-
Menghargai dan menjaga karya-karya sekolah dan masyarakat sendiri
Rubrik pemberian skor
- 4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan
tersebut.
- 3 = jika siswa melakukan 3 (empat) kegiatan
tersebut
- 2 = jika siswa melakukan 2 (empat) kegiatan
tersebut
- 1 = jika siswa
melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut
2.
Penilaian Pengetahuan
Urain
(contoh soal)
1.
Jelaskan pengertian kepemilikan! ( skor 25 )
2. Jelaskan
macam-macam kepemilikan! ( skor 25 )
3. Jelaskan
sebab-sebab kepemilikan! ( skor 25 )
4. Jelaskan hikmah kepemilikan! ( skor 25 )
(Jawaban
soal)
1.
Pengertian dan
dasar hukum kepemilikan adalah Kepemilikan atau dalam terminologi fiqih di
sebut dengan milikiyah, berasal dari kata milk, yang menurut bahasa berarti
memiliki atau mempunyai. Sedangkan menurut istilah syara’ kepemilikan adalah
hak hukum seseorang atas sesuatu untuk menguasai dan memperlakukan sesuatu itu
sekehendaknya sehingga terdapat hukum yang melarangnya. Dasar hukum kepemilikan
terdapat dalam Q.S. Annur : 61.
2.
Macam – macam
kepemilikan
a.
Al milkut tammu
atau kepemilikan sempurna merupakan kepemilikan seseorang secara penuh, tidak
ada seseorang yang secara penuh memiliki barang tersebut secara hukum.
b.
Al – milku
gairut tammi atau kepemilikan tidak sempurna merupakan kepemilikan secara tidak
penuh atas sesutu karena pada saat yang sama sesuatu itu juga dimiliki oleh
orang lain. Misalnya barang gadaian dan sewaan.
3.
Sebab – sebab
kepemilikan
a.
Kepemilikan yang
sempurna di sebabkan oleh: Hasil karya atau bekerja, Jual beli, Sedekah, Hadiah,
Infaq, Waqaf, Warisan yang telah dibagikan, Penemuan, Rampasan perang dan Hasil
membuka hutan.
b.
Kepemilikan yang
tidak sempurna disebabkan oleh : Hutang piutang, Syirkah, Qirad, Hiwalah, Rihanah,
Ariyah, Wadiah, Muzaraah, Musaqah dan Mukhabarah.
4.
Hikmah
Kepemilikan
1.
Terciptanya
bangunan hukum yang baik, karena banyak hukum islam yang terbangun di atas hukum
kepemilikan ini, seperti zakat, jual beli, dll.
2.
Terhindar dari
hukum rimba.
3.
Motivasi untuk
giat bekerja.
4.
Membuat manusia
berlomba – lomba mencari nafkah yang
halal.
3. Penilaian
Keterampilan
Rubrik kegiatan Diskusi
No.
|
Nama Siswa
|
A s p e k P e n g a m a t a n
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Kerja sama
|
Meng-
komunika
sikan pen-dapat
|
Toleransi
|
Keaktifan
|
Menghargai pendapat teman
|
|||||
(1-4)
|
(1-4)
|
(1-4)
|
(1-4)
|
(1-4)
|
|||||
Keterangan
Skor :
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1
= Kurang
∑ Skor perolehan
Nilai =
X 100
Skor Maksimal (20)
Kriteria
Nilai
A = 80
– 100 : Baik Sekali
B = 70
– 79 : Baik
C = 60
– 69 : Cukup
D = ‹ 60 : Kurang
Rubrik Penilaian Presentasi
No.
|
Nama Siswa
|
A s p e k P e n i l a i a n
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
Ket.
|
|||||
Komuni
Kasi
|
Sistematika
penyam
Paian
|
Wawa
san
|
Keberanian
|
Antusias
|
Gesture dan
penampilan
|
|||||
Keterangan
Skor :
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1
=
Kurang
∑ Skor perolehan
Nilai =
X 100
Skor Maksimal (20)
Kriteria
Nilai
A = 80
– 100 : Baik Sekali
B = 70 – 79 : Baik
C = 60
– 69 : Cukup
D = ‹
60 : Kurang
Mengetahui,
|
Tembilahan, 2014
|
|
Kepala
Madrasah
|
Guru
Mata Pelajaran
|
|
( LISNAWATI
S.pdi)
|
(LENI APRILINA)
|

0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda