peran dan fungsi teknologi pendidikan
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Seiring
dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah terpengaruh dalam segala aspek
kehidupan baik dibidang ekonomi, politik, kebudayaan seni dan bahkan di dunia
pendidikan. Dunia pendidikan harus mau mengadakan inovasi yang positif untuk
kemajuan pendidikan dan sekolah. Tidak hanya inovasi dibidang kurikulum,
sarana-prasarana, namum inovasi yang menyeluruh dengan menggunakan teknologi
informasi dalam kegiatan pendidikan. Teknologi pendidikan dapat mengubah cara
pembelajaran yang konvensional menjadi nonkonvensional.
sekolah harus merespon perkembangan
dunia teknologi yang semakin canggih yang menyediakan segudang ilmu pengetahuan
yang baru dan lama. Pembelajaran di sekolah perlu menggunakan serangkaian
peralatan elektronik yang mampu bekerja lebih efektif dan efisien. Walaupun
demikian, peran guru tetap dibutuhkan di kelas, sebagai desainer, motivator,
pembimbing, dan sebagainya dan tentunya sebagai sosok individu harus tetap
dihormati. Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan suatu kebutuhan karena
dengan penggunaannya diharapkan adanya peningkatan mutu belajar/ mengajar,
peningkatan produktivitas/ efisiensi dan akses, peningkatan sikap belajar yang
positif, pengembangan professional dan adanya peningkatan profil/ pengenalan Dengan
demikian diharapkan sekolah mengalami perubahan-perubahan yang sesuai dengan
tuntutan global.
Teknologi pendidikan seringkali
diasumsikan dalam persepsi yang mengarah pada masalah elektronika padahal
konsep teknologi mengandung pengertian yang luas untuk itu dalam tulisan ini
akan dibahas lebih lanjut.
B. Rumusan Masalah
1. Apa
Pengertian Teknologi Pendidikan
2. Apa
macam-macam Teknologi Pendidikan
3. Apa
manfaat Peran dan Fungsi Teknologi Pendidikan
BAB
II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
A. Pengertian Teknologi Pendidikan
Sebelum membahas teknologi pendidikan terlebih
dahulu perlu diketahui pengertian teknologi. Kata Teknologi seringkali oleh
masyarakat diartikan sebagai alat elektronik. Tapi oleh ilmuwan dan ahli
filsafat ilmu pengetahuan diartikan sebagai pekerjaan ilmu pengetahuan untuk
memecahkan masalah praktis. Jadi teknologi lebih mengacu pada usaha untuk
memecahkan masalah manusia. Ada beberapa pendapat tentang teknologi menurut
para ilmuwan yaitu,
Menurut
Yp Simon (1983), teknologi adalah suatu displin rasional yang dirancang untuk
meyakinkan penguasaan dan aplikasi ilmiah.
Menurut
Paul Saetiles (1968). Teknologi selain mengarah pada permesinan, teknologi
meliputi proses, sistem, manajemen dan mekanisme kendali manusia dan bukan manusia.Pengertian Teknologi Pendidikan diabad ke dua puluh meliputi lentera pertama proyektor slide, kemudian radio dan kemudian gambar hidup. Sedangkan abad 19 ke bawah sampai lima belas teknologi lebih diartikan papan tulis dan buku.
meliputi proses, sistem, manajemen dan mekanisme kendali manusia dan bukan manusia.Pengertian Teknologi Pendidikan diabad ke dua puluh meliputi lentera pertama proyektor slide, kemudian radio dan kemudian gambar hidup. Sedangkan abad 19 ke bawah sampai lima belas teknologi lebih diartikan papan tulis dan buku.
Menurut
Prof. Sutomo dan Drs. Sugito, M.Pd Teknologi Pendidikan adalah proses yang
kompleks yang terpadu untuk menganalisis dan memecahkan masalah belajar
manusia/ pendidikan. Menurut ”Mackenzie, dkk” (1976) Teknologi Pendidikan yaitu
suatu usaha untuk mengembangkan alat untuk mencapai atau menemukan solusi
permasalahan.
Jadi Teknologi Pendidikan adalah segala
usaha untuk memecahkan masalah
pendidikan. Lebih detail dapat diuraikan bahwa:
pendidikan. Lebih detail dapat diuraikan bahwa:
Ø Teknologi
Pendidikan lebih dari perangkat keras. Ia terdiri dari desain dan
lingkungan yang melibatkan pelajar.
lingkungan yang melibatkan pelajar.
Ø Teknologi
dapat juga terdiri segala teknik atau metode yang dapat dipercaya
untuk melibatkan pelajaran; strategi belajar kognitif dan keterampilan berfikir kritis.
untuk melibatkan pelajaran; strategi belajar kognitif dan keterampilan berfikir kritis.
Ø Belajar
teknologi dapat dilingkungan manapun yang melibatkan siswa belajar
secara aktif, konstruktif, autentik dan kooperatif serta bertujuan.
secara aktif, konstruktif, autentik dan kooperatif serta bertujuan.
B. Macam-macam Teknologi Pendidikan
Dalam pendidikan tidak bisa lepas dengan
masalah revolusi metode,
kurikulum yang inovatif, teknologi serta SDM yang kritis untuk bisa menghasilkan
daya cipta dan hasil sekolah sebagai bentuk perubahan pendidikan. Sekolah harus
mempunyai orientasi bisnis pelanggan yang memiliki daya saing global. Untuk itu ada
lima teknologi baru yang dapat menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik.
kurikulum yang inovatif, teknologi serta SDM yang kritis untuk bisa menghasilkan
daya cipta dan hasil sekolah sebagai bentuk perubahan pendidikan. Sekolah harus
mempunyai orientasi bisnis pelanggan yang memiliki daya saing global. Untuk itu ada
lima teknologi baru yang dapat menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik.
1. Lima
macam Teknologi
a. Teknologi
yang pertama : Sistem berpikir Sistem berpikir menjadikan kita untuk lebih
hati-hati dengan munculnya tiap mode di dunia pendidikan. Hal ini untuk
mengantisipasi terjadinya perubahan yang tidak
kita inginkan. Tanpa sistem berpikir kita akan sulit untuk mengadakan peningkatan
riil di bidang pendidikan. Jadi sistem berpikir menghadirkan konsep sistem yang
umum, dimana berbagai hal saling terkait.
b. Teknologi
yang kedua: Desain sistem Desain sistem adalah teknologi merancang dan
membangun sistem yang baru. Perubahan yang dimaksud adalah perubahan yang cepat
yang meningkatkan harapan. Desain sistem memberi kita peralatan untuk
menciptakan suatu sistem yang baru dan suatu strategi untuk perubahan.
c. Teknologi
yang ketiga: Kualitas pengetahuan Mutu atau kualitas pengetahuan merupakan
teknologi yang memproduksi suatu produk atau jasa/ layanan yang sesuai harapan
dan pelanggan. Ilmu pengetahuan yang berkualitas telah menjadi alat yang sangat
berharga dalam inovasi pendidikan/ sekolah.
d. Teknologi
yang keempat : Manajemen Perubahan Manajemen perubahan adalah suatu cara untuk memandu
energi kreatif ke arah perubahan positif. Dapat juga diartikan sistem pemikiran
yang berlaku untuk aspek manajemen inovasi tentunya dengan berorientasi pada
POAC (Perencanaan, Organisasi, Aktualisasi dan Kontrol).
e. Teknologi
yang kelima : Teknologi pembelajaran Disini ada dua bagian yaitu peralatan
Pelajar elektronik (Komputer, multimedia, Internet, telekomunikasi), dan
pembelajaran yang didesain, metode dan strateginya diperlukan untuk membuat
peralatan elektronik yang efektif. Pelajaran elektronik ini mengubah cara
mengkomunikasikan belajar. Jadi teknologi pembelajaran adalah sistem pemikiran
yang berlaku untuk instruksi dan belajar.
Kelima teknologi tersebut merupakan
suatu keterpaduan untuk menuju inovasi
pendidikan sehingga dalam memecahkan masalah pendidikan perlu kombinasi
peralatan/ alat elektronik, orang-orang, proses, manajemen, intelektual, untuk
perubahan yang efektif.
pendidikan sehingga dalam memecahkan masalah pendidikan perlu kombinasi
peralatan/ alat elektronik, orang-orang, proses, manajemen, intelektual, untuk
perubahan yang efektif.
2. Tiga
macam teknologi pendidikan
Macam-macam
teknologi pendidikan menurut Davies (1972) ada tiga yaitu:
1. Teknologi
pendidikan satu
Teknologi
pendidikan satu yaitu mengarah pada perangkat keras seperti proyektor,
laboratorium, komputer (CD ROM, LCD, TV, Video dan alat elektronik lainnya).
Teknologi mekanik ini dapat mengotomatiskan proses belajar mengajar dengan alat
yang memancarkan, memperkuat suara, mendistribusikan, merekam dan mereproduksi
stimuli material yang menjangkau pendengar/ siswa dalam jumlah yang besar.
teknologi satu ini efektif dan efisien.
2. Teknologi
pendidikan dua
Teknologi
pendidikan dua mengacu pada ”perangkat lunak” yaitu menekankan
pentingnya bantuan kepada pengajaran. Terutama sekali dalam kurikulum, dalam pengembangan instruksional, metodologi pengajaran, dan evaluasi. Jadi teknologi dua, menyediakan keperluan bagaimana merancang yang baru atau memperbarui yang sekarang, bermanfaat pada pengalaman belajar Mesin dan mekanisme dipandang sebagai instrumen presentasi atau transmisi.
pentingnya bantuan kepada pengajaran. Terutama sekali dalam kurikulum, dalam pengembangan instruksional, metodologi pengajaran, dan evaluasi. Jadi teknologi dua, menyediakan keperluan bagaimana merancang yang baru atau memperbarui yang sekarang, bermanfaat pada pengalaman belajar Mesin dan mekanisme dipandang sebagai instrumen presentasi atau transmisi.
3. Teknologi
pendidikan tiga
Teknologi
pendidikan tiga, yaitu kombinasi pendekatan dua teknologi yaitu
“peragkat keras“ dan perangkat lunak”. Teknologi pendidikan tiga, orientasi
utamanya yaitu ke arah pendekatan sistem, dan sebagai alat meningkatkan
manfaat dari apa yang ada di sekitar. Teknologi ini sebagai pendekatan pemecahan masalah, titik beratnya dalam orientasi diagnostik yang menarik. Dari ketiga macam tekonologi di atas dapat dikatakan bahwa teknologi pendidikan dalam konteks sebenarnya adalah tidak hanya
mengacu pada perangkat keras saja, namum juga meliputi perangkat lunak dan perpaduan keduanya perangkat keras dan lunak.
“peragkat keras“ dan perangkat lunak”. Teknologi pendidikan tiga, orientasi
utamanya yaitu ke arah pendekatan sistem, dan sebagai alat meningkatkan
manfaat dari apa yang ada di sekitar. Teknologi ini sebagai pendekatan pemecahan masalah, titik beratnya dalam orientasi diagnostik yang menarik. Dari ketiga macam tekonologi di atas dapat dikatakan bahwa teknologi pendidikan dalam konteks sebenarnya adalah tidak hanya
mengacu pada perangkat keras saja, namum juga meliputi perangkat lunak dan perpaduan keduanya perangkat keras dan lunak.
C. Manfaat Peran dan Fungsi Teknologi Pendidikan
Manfaat,
peran dan fungsi Teknologi Pendidikan adalan sebagai barikut :
1. Teknologi
Pendidikan sebagai peralatan untuk mendukung konstruksi pengetahuan:
ü Untuk
mewakili gagasan pelajar pemahaman dan kepercayaan
ü Untuk
organisir produksi, multi media sebagai dasar pengetahuan pelajar.
2. Teknologi
pendidikan sebagai sarana informasi untuk menyelidiki pengetahuan
yang mendukung pelajar :
yang mendukung pelajar :
ü Untuk
mengakses informasi yang diperlukan.
ü Untuk
perbandingan perspektif, kepercayaan dan pandangan dunia.
3. Teknologi
pendidikan sebagai media sosial untuk mendukung pelajaran dengan berbicara.
ü Untuk
berkolaborasi dengan orang lain.
ü Untuk
mendiskusikan, berpendapat dan membangun konsensus antara anggota sosial.
4. Teknologi
pendidikan sebagai mitra intelektual untuk mendukung pelajar
ü Untuk
membantu pelajar mengartikulasikan dan memprentasikan apa yang
mereka ketahui.
mereka ketahui.
5. Teknologi
pendidikan dapat meningkatkan mutu pendidikan/sekolah.
6. Tekonologi
pendidikan dapat meningkatkan fektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar.
7. Teknologi
pendidikan dapat mempermudah mencapai tujuan pendidikan.
Walaupun banyak manfaat fungsi dan peranan
Teknologi Pendidikan memiliki Kekurangannya
1. Pihak
guru yang tidak bisa mengoperasikan/menguasai elektronika akan
tertinggalkan oleh siswa.
tertinggalkan oleh siswa.
2. Teknologi
pendidikan memerlukan SDM yang berkualitas untuk bisa
mempercepat inovasi sekolah, sedangkan realita masih kurang.
mempercepat inovasi sekolah, sedangkan realita masih kurang.
3. Teknologi
pendidikan baik itu hardware maupun soffware membutuhkan biaya yang mahal.
4. Keterbatasan
sarana prasarana sekolah akan menghambat inovasi pendidikan.
Penggunaan teknologi pendidikan dalam bentuk Hardware memerlukan kontrol
yang tinggi dari guru atau orang tua terutama internet dan software.
Penggunaan teknologi pendidikan dalam bentuk Hardware memerlukan kontrol
yang tinggi dari guru atau orang tua terutama internet dan software.
5. Siswa
yang tidak mempunyai motivasi yang tinggi cenderung gagal.
Ada empat macam perubahan di dunia
pendididkan telah menimbulkan banyak masalah, yaitu :
1. Ketika
masyarakat /orang tua mulai sibuk dengan peran keluar sehingga tugas pendidikan
anak sebagian digeser dari orang tua pindah ke guru atau dari rumah ke sekolah.
2. Terjadi
adopsi kata yang ditulis ke instruksi lisan
3. Adanya
penemuan alat untuk keperluan percetakan yang mengakibatkan ketersediaan buku
lebih luas.
4. Adanya
alat elektronika yang bermacam-macam radio, telepon, TV, computer, LCD proyektor,
perekan internet, LAN, dsb ).
untuk pemecahannya maka kelima teknologi
yang dibahas di atas sangat membantu untuk solusi pemecahan. Perubahan
pendidikan/sekolah yang dinginkan sekolah sesuai visi dan misinya tentunya
sangat tergantung pada lima teknologi tersebut yaitu sistem berfikir, sistem desain,
ilmu pengetahuan yang berkualitas, manajemen. Sekarang sekolah negeri maupun
swasta mulai berusaha keras untuk mengatur kembali sistem pendidikan mereka.
Banyak program sekolah yang ditawarkan pada masyarakat baik itu jurusan maupun
status sekolah yaitu SSN, unggul, model, internasional, akselerasi dan sarana
prasarananya.
Yang jelas perubahan sekolah untuk
menghadapi dunia global harus disiapkan
dari unsur SDM yang berkualitas sehingga mampu berfikir membuat desein
pendidikan, punya kiat manajemen yang baik dan tidak gagap terhadap pendidikan.
Jadi dapat dikatakan bahwa antara inovasi pendidikan dengan teknologi
pendidikan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Inovasi
merupakan okbyek dan teknologi pendidikan merupakan subyeknya.
dari unsur SDM yang berkualitas sehingga mampu berfikir membuat desein
pendidikan, punya kiat manajemen yang baik dan tidak gagap terhadap pendidikan.
Jadi dapat dikatakan bahwa antara inovasi pendidikan dengan teknologi
pendidikan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Inovasi
merupakan okbyek dan teknologi pendidikan merupakan subyeknya.
B
A B III
P E N U T U P
P E N U T U P
A. Kesimpulan
Teknologi Pendidikan adalah proses yang
kompleks yang terpadu untuk menganalisis dan memecahkan masalah belajar
manusia/ pendidikan, Teknologi Pendidikan lebih dari perangkat keras. Ia
terdiri dari desain dan lingkungan yang melibatkan pelajar.
Teknologi dapat juga terdiri segala
teknik atau metode yang dapat dipercaya
untuk melibatkan pelajaran; strategi belajar kognitif dan keterampilan berfikir kritis.
untuk melibatkan pelajaran; strategi belajar kognitif dan keterampilan berfikir kritis.
Belajar teknologi dapat dilingkungan
manapun yang melibatkan siswa belajar secara aktif, konstruktif, autentik dan
kooperatif serta bertujuan.
Manfaat, peran dan fungsi Teknologi
Pendidikan adalan sebagai peralatan untuk mendukung konstruksi pengetahuan,
informasi untuk menyelidiki pengetahuan
yang mendukung pelajar, sebagai media sosial untuk mendukung pelajaran dengan berbicara, sebagai mitra intelektual untuk mendukung pelajar dan Teknologi pendidikan dapat meningkatkan mutu pendidikan/sekolah.serta dapat meningkatkan fektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar. Teknologi pendidikan dapat mempermudah mencapai tujuan pendidikan.
yang mendukung pelajar, sebagai media sosial untuk mendukung pelajaran dengan berbicara, sebagai mitra intelektual untuk mendukung pelajar dan Teknologi pendidikan dapat meningkatkan mutu pendidikan/sekolah.serta dapat meningkatkan fektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar. Teknologi pendidikan dapat mempermudah mencapai tujuan pendidikan.
B. Saran
1. Hendaknya
sekolah mempersiapkan sarana prasarana untuk kebutuhan tekonologi pendidikan.
2. Hendaknya
sekolah menyiapkan SDM yang siap menerapkan teknologi pendidikan untuk
perubahan sekolah
3. Hendaknya
pemerintah sering mengadakan pelatihan seperti Jardiknas atau Diklat
Komputer.
Komputer.
4. Tentunya
makalah ini banyak terdapat kekurangan makanya segala kritik dan saran sangat
diharapkan dari semua fihak.
DAFTAR
PUSTAKA
Andi
Afifuddin. 2007. Penggunaan metode E-Learning Dalam Proses Belajar Mengajar di
Sekolah pada Mata Pelajaran TIK Tingkat SMP.
Majalengka,
Jawa Barat Davil H. Jonassen. Tekonologi Pembelajaran dengan suatu pendekatan
Perspektif (Construktif).
Nw
Jersey, Columbus ohio ; Pennsylvonia state University.
Ivor
K. Davis. 1976. eknologi Pendidikan “ contoh yang sempurna Paradigma dan
model. London.
model. London.
Prof.
Nyoman S. Degeng. 2004. Pembelajaran konstruktivistik Vs Behaviouristik. Malang
: Universitas Negeri Malang
Prof.
Sutomo & Sugito M.Pd. 2005. Kapita Selekta & Problematika Teknologi
pendidikan. Surabaya UNIPA.
pendidikan. Surabaya UNIPA.
Sandra
Wills and Shitley Alexander. Pengantar Manajemen Teknologi Belajar dan
Mengajar.
Mengajar.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda